Potensi & Resiko





































POTENSI

Semua dari kita menyadari sepenuhnya bahwa informasi dan teknologi saat ini tidak dapat lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap dari kita selalu berdampingan dengan nya. Terlebih lagi dengan semakin familiar nya kita dengan smartphone. Tentu saja hal ini membuat peluang usaha dibidang IT semakin luas dan tanpa batas. 

Kami ambil contoh dari SATU PAKET saja, yakni Paket Website Murah dengan asumsi hanya dari bidang usaha penyedia jasa registrasi domain dan hosting yang hanya memiliki pertambahan penjualan paket domain hosting sejumlah 25 paket saja per bulan (termasuk dalam kategori pertumbuhan usaha yang lambat), maka dalam satu tahun pertama operasional perdana nya perusahaan tersebut hanya membukukan sekitar 300 paket baru saja. 

Berapa nilai pendapat "PASIF INCOME"  yang bisa dibukukannya setiap tahun setelah melewati masa usaha 2 tahun saja ?

Mari sama-sama kita hitung :

Tahun Pertama
300 paket (asumsi penjualan) x Rp. 150.000,- (asumsi margin keuntungan) = Rp. 45.000.000,-

Tahun Kedua
Perpanjangan Biaya Tahunan      45.000.000,-    (600 paket renewal margin) 
Penjualan Baru                          45.000.000,-(kinerja dianggap sama dengan tahun pertama)
Total                                         90.000.000,-    (per tahun)

Berapa nilai suatu aset yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan pendapatan sekurang-kurangnya 45 Juta atau 90 Juta per tahun dengan potensi yang tentu saja sebenarnya jauh melebih dari itu.

Lantas sebenarnya berapa rata-rata keuntungan yang berhasil dibukukan oleh perusahaan domain registration provider yang normal pertumbuhan nya ? 

Menurut pengalaman, 90 hari perdana operasional usahanya hampir sebagian besar perusahaan baru akan mencari format kerja untuk mengambil pasar. Namun seyogyanya setelah melewati masa-masa tahun perdana, sebuah perusahaan yang dikelola dengan serius ternyata tidak menutup kemungkinan untuk membukukan lebih dari 1.000 penjualan domain baru dalam 3 hingga 5 tahun perdananya dengan membawa serta omset penjualan hosting dan produk lainnya.

Lalu bagaimana dengan produk-produk lainnya seperti VPS, Dedicated Server, Website Builder, Security Certificate, Digital Advertising, Apps Development dan lain sebagainya. Tentu saja merupakan sumber penghasilan lain yang dapat menambah potensi keuntungan dari bisnis Anda.

Bisnis IT Web Solutions ini memang merupakan sebuah konsep bisnis membangun aset untuk mendapatkan pasif income. Bukan bisnis yang 'booming' diawal awal tahun saja. Ini adalah bisnis yang berkepanjangan. Tentunya membutuhkan fokus dan penanganan yang serius dari para pengelolanya. Terlebih dengan hasil riset pasar yang telah dilakukan dan juga pengalaman UwieBe Group dalam menjalankan usaha ini sangat menambah keyakinan bahwa produk/jasa yang dipasarkan sangat dibutuhkan banyak pihak. 


RESIKO

Setiap jenis usaha apapun tentunya tidak dapat lepas dari 'resiko'. Singkatnya, kami hanya dapat meminimalkan resiko sekecil mungkin dimana Anda tidak akan kehilangan seluruh nilai investasi Anda jika hal terburuk suatu saat usaha Anda terpaksa berhenti. Karena semua paket bisnis yang telah Anda beli sangat memungkinkan untuk Anda jual atau alih kepemilikan kepada siapa saja yang menginginkannya. Semua berada dalam kendali dan hak Anda sepenuhnya, dan kami dapat membantu Anda untuk mempromosikan atau menawarkan paket bisnis Anda nantinya jika Anda menghendaki untuk dialih kepemilikannya.

Ya, menurut hasil perhitungan analisa dari konsultan bisnis pendamping kami, berikut ini adalah reiko terbesar yang dapat diprediksi sejak awal ;

Bagi pemegang master license, tingkat resiko maksimal hanya sebesar 20% saja dari total nilai investasi paket bisnis nya jika paket bisnis master license of reseller Anda dialihkan atau dijual kepada pihak lain yang menginginkannya.

Untuk regular license memiliki resiko kehilangan nilai investasi sebesar 30% dari nilai investasi paket bisnisnya, dikarenakan paket bisnis regular license of reseller bisa Anda alihkan kepemilikannya atau dijual kepada siapa saja yang menginginkan untuk mengambil alih bisnis Anda dengan estimasi biaya administrasi kurang lebih sebesar 30% dari total nilai paket bisnis nya.

Dan reseller memiliki resiko yang terbesar yakni 50% dihitung dari nilai investasi awal paket mereka jika dialihkan atau dijual kepada pihak lain yang mau mengambil alih kepemilikan dari usaha reseller ini.

Hal ini tentu saja dihitung dari berapa banyak nilai investasi yang tidak dapat diuangkan kembali seutuhnya seperti biaya setup bisnis, pembangunan + maintenance website, serta biaya habis pakai lainnya yang tentu saja sangat sulit (bukan berarti tidak bisa) untuk dijadikan uang kembali seutuhnya.

Semua perhitungan analisa resiko kerugian adalah murni hasil riset dari konsultan pendamping UwieBe Group, Viranegari Nusantara. Dimana selaku konsultan pendamping bisnis, lembaga yang satu ini akan selalu bersedia mencarikan solusi khusus penanganan manajemen resiko yang satu ini. 

Perbesar potensi usaha dan perkecil resiko kerugian bisnis Anda. Dengan tergabung didalam UwieBe Group, Anda akan memiliki sebuah usaha yang seutuhnya milik Anda sendiri, dan berada dalam kendali Anda seutuhnya, namun demikian Andapun tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendampingan dari Startup Digital Business Consultant Viranegari Nusantara.

Uwie Be

Author & Editor

UwieBe | Indonesia mOmPreneurs Community Organizer